Jumat, 22 November 2013

Akbar Tandjung Minta Golkar Menangkan Pileg

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tandjung meminta Golkar fokus pada upaya pemenangan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014. Menurut Akbar, kemenangan dalam pileg akan membuat pergerakan Golkar di Pemilihan Umum Presiden lebih fleksibel.

Akbar menjelaskan, poin yang disampaikannya merupakan arahan resmi dari Dewan Pertimbangan Partai Golkar. Pemenangan pileg harus menjadi fokus utama Golkar karena dinamika dan kehidupan politik nasional membuktikan partai lain juga membidik hasil yang sama di dalam pileg.

"Atas dasar itu, partai kita akan lebih fokus dalam pemilu legislatif karena itu sangat menentukan perolehan suara partai," kata Akbar pada Rapimnas V Golkar di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Jumat (22/11/2013).

Lebih lanjut, Akbar mengingatkan bahwa UU Pemilihan Presiden mensyaratkan perolehan 20 persen suara nasional atau 25 persen jumlah kursi di Parlemen. Ketika berhasil meraihnya, maka Golkar akan leluasa menentukan langkah di pemilihan presiden.

"Kemenangan ini penting, kalau bisa mencapai 30 persen maka kita bisa mencalonkan presiden secara langsung. Berarti tidak mengharuskan berkoalisi, kita juga bisa menetapkan cawapres," ujarnya.

Menurut Akbar, Golkar harus percaya diri dapat mencapai kemenangan di Pileg 2014. Kepercayaan diri itu dianggapnya sebagai salah satu modal penting menghadapi pertarungan politik di tahun depan.

"Setelah kita menang pileg, kita juga bisa mengatur siapa cawapres. Dengan demikin kami menyarankan untuk menentukan cawapres setelah pileg. Kalau ada wacana tidak apa-apa, tetapi ditetapkan setelah pileg," tandasnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar