Sabtu, 23 November 2013

Sebulan, 20 Warga di Bengkulu Positif HIV/AIDS

BENGKULU, KOMPAS.com — Tim penanggulangan HIV/AIDS Provinsi Bengkulu menemukan, selama November 2013, sebanyak 20 warga Kabupaten Kepahiang positif HIV/AIDS. Informasi itu disampaikan Koordinator Penanggulanan HIV/AIDS Provinsi Bengkulu, Kurnadi Sahab, pada Jumat (22/11/2013).

Menurut Kurnadi, temuan tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan VCT oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu terhadap warga Kepahiang, sebulan yang lalu.

"Dari hasil uji VCT tersebut, ditemukan 20 warga yang positif HIV/AIDS. Artinya, penyebaran virus itu terus meningkat dari waktu ke waktu sehingga memerlukan perhatian serius dari pemerintah daerah," katanya.

Staf Ahli Gubernur bidang Kesejahteraan Rakyat tersebut menjelaskan, temuan itu menunjukkan bahwa Kabupaten Kepahiang menjadi daerah yang sangat memungkinkan dalam penyebaran virus HIV/AIDS.

"Kepahiang bersama dengan Kota Bengkulu dan Rejang Lebong, yang saat ini telah memiliki Komisi Penanggulangan HIV/AIDS, penting untuk membantu penanggulangannya agar tidak berdampak lebih serius terhadap masyarakat," katanya.

Sementara itu, terkait identitas 20 orang yang positif HIV/AIDS, Kurnadi menyatakan bahwa kerahasiaannya akan dijaga. "Sudah menjadi kode etik dunia kesehatan untuk tidak memublikasikan siapa saja yang terjangkit virus tersebut," paparnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar